Halaman

Minggu, 01 April 2012

Mencintai Diri Sendiri


           Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri kita selain diri kita sendiri. Tetapi, tidak sedikit orang yang merasa dirinya tak berharga. Tidak dapat melihat kebaikan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri, sebaliknya selalu merasakan diri kurang. Bahkan, sampai membenci diri sendiri.
            Padahal jika kita tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana kita bisa menghargai orang lain? Jika Anda benci diri sendiri, mungkin oarang lain lebih benci diri Anda. Nah, daripada terus menggerutu atas kekurangan diri sendiri, lebih baik mulai menghargai diri Anda. Bagaimana caranya? Tangkupkan kedua tangan Anda ke dada, peluk diri Anda dan mulai sekarang katakan, “Aku mencintai diriku apa adanya.” Setelah itu, renungkan hal-hal berikut ini
1.      Terima Diri Apa Adanya
Tak ada yang sempurna. Anda dan juga semua orang memiliki sifat positif dan negatif. Terimalah diri Anda apa adanya. Identifikasi sisi positif itu, sehingga Anda mencintai diri Anda, bahkan meningkat kualitasnya menjadi kerendahan hati dan kedermawanan. Identifikasi sisi negatif kita dan bila memungkinkan, perbaiki, ubah menjadi positif atau buang ke tong sampah. Tidak ada yang mustahil untuk berubah, kan?
2.      Hapus Pikiran Negatif
Fokuslah pada kelebihan Anda, pada apa yang Anda sukai dan keahlian Anda. Sebaliknya, hentikan mengatai diri Anda dengan hal-hal negatif. Setiap kali Anda mendapati diri berkata sesuatu yang buruk kepada diri sendiri, jangan berlarut-larut. Segera ganti dengan sesuatu yang positif tentang diri Anda.
3.      Stop Perbandingan !
Jangan terjebak dengan perbandingan, baik itu dalam hal keuangan, karir, berat badan, penampilan, keluarga dan materi. Tiap individu unik, sudah diatur oleh Alloh SWT baik penciptaan fisiknya, bentuk, badannnya, cantik-tampannya, jodohnya, karirnya bahkan rejekinya. Jadi, Anda tidak ada bandingannya. Dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain, Anda akan menyadari bahwa Anda mungkin tidak mencapai yang terbaik dalam segala hal, tapi Anda bisa menjadi yang terbaik bagi diri sendiri.
4.      Buat Diri Sendiri Nyaman
Jangan mendengarkan kata-kata negatif orang lain tentang diri Anda. Jadilah diri Anda sendiri. Lakukan yang menurut Anda baik, menyenangkan dan tentunya tidak melanggar syari’at Alloh SWT, tanpa peduli penilaian orang lain. Apalagi Anda merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari, lakukan salah satu kesenangan yang selama ini belum sempat Anda lakukan. Misalnya, membaca novel religi, jalan-jalan di tengah alam terbuka atau taman. Mengamati alam akan membuat kita merasa lebih tenteram dan kalem. Termasuk, melakukan sesuatu yang sudah lama ingin Anda kerjakan. Mengapa menundanya lagi? Lekas kerjakan dan Anda akan merasa lebih baik.
5.      Banyak Bersyukur
Seberapa besar kita menghargai diri kita sendiri, sebesar itulah rasa syukur kita. Masih banyak orang yang tidak seberuntung Anda. Lalu mengapa Anda selalu merasa yang paling tidak untung di dunia? Bersyukur bukan wujud berpangku tangan dan pasrah, melainkan cara ideal untuk mengusahakan yang terbaik bagi diri sendiri. Meningkat lagiderajat syukur kita dengan menjadikan diri berguna bagi orang lain dan masyarakat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar