Halaman

Jumat, 30 Maret 2012

RPP Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                             : SMA
Mata Pelajaran                  : IPA BIOLOGI
Kelas/Semester                 : X / I
Alokasi waktu                  : 30 menit
 

1.                  Standart Kompetensi
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
2.                  Kompetensi Dasar
2.1.Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi  dan peran  virus dalam kehidupan

3.                  Indikator
Pertemuan Pertama
Kognitif
1.      Produk
·         Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
·         Menjelaskan cara replikasi virus.

2.      Proses
·         Mengidentifikasi ciri-ciri virus berdasarkan bahan ajar dan kajian literature  dengan kegiatan mandiri.
·         Membuat model virus tiga dimensi dengan media belajar yang sudah dipersiapkan oleh guru.
·         Menyimpulkan cara replikasi virus melalui video yang diamati dan literature bahan ajar.

Psikomotor
Menggunakan keterampilan proses sains dasar (basic skill) yaitu
·         Mengidentifikasikan ciri-ciri virus.
·         Mendesain model virus tiga dimensi.
·         Mengamati video mengenai proses replikasi virus.

Afektif
1.      Karakter
Diharapkan siswa memiliki karakter berupa Aktif dalam kegiatan belajar mengajar, jujur dalam mengerjakan LKS, teliti dalam melakukan pengamatan, dan bertanggung jawab dalam bekerja baik secara kelompok maupun individu.

2.      Keterampilan sosial
Keterampilan sosial yang dapat berkembang adalah keterampilan Kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan, berkomunikasi saat berdiskusi, menghargai pendapat dan tidak saling mencela.     

4.                  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kognitif
1.      Produk
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri virus dan menjelaskan cara replikasi virus.
2.      Proses
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri virus berdasarkan bahan ajar dan kajian literature  dengan kegiatan mandiri, membuat model virus tiga dimensi dengan media belajar yang sudah dipersiapkan oleh guru dan menyimpulkan cara replikasi virus melalui video yang diamati dan literature bahan ajar.

Psikomotor
Siswa diharapkan menggunakan keterampilan proses sains dasar (basic skill) secara baik dalam kegiatan yang Aktif dalam kegiatan belajar mengajar, jujur dalam mengerjakan LKS, teliti dalam melakukan pengamatan, dan bertanggung jawab dalam bekerja baik secara kelompok maupun individu.

 Afektif
a.       Karakter
Diharapkan siswa menunjukkan adanya  kemajuan karakter berupa jujur dalam mengerjakan LKS, teliti dalam melakukan pengamatan, dan bertanggung jawab dalam bekerja baik secara kelompok maupun individu.
b.      Keterampilan sosial
Diharapkan siswa menunjukkan adanya kemajuan keterampilan sosial yaitu keterampilan berkomunikasi saat berdiskusi, menghargai pendapat dan tidak saling mencela.     

5.                  Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran
·         CTL (Contexstual Teaching and Learning)
2.      Metode
·         Diskusi
·         Demonstrasi
·         Tanya jawab   
                                         
6.                  Materi Pembelajaran
·         Ciri-ciri Virus
Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofag atau fag digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).
Virus hanya berkembangbiak di sel-sel hidup lain, dan hanya untuk memproduksi virus hanya memerluakan asam nukleat saja. Ciri lainnya, virus tidak dapat bergerak maupun melakukan aktivitas metabolisme sendiri, selain itu virus tidak dapat membelah diri. Virus tidak dapat di endapkan dengan sentrifigasi biasa, tetapi dapat di kristalkan.
Pada umumnya bersifat parasit obligat. Menurut para ahli biologi, virus merupakan peralihan antara mahluk hidup dan benda mati. Dikatakan peralihan karena virus mempunyai sebagian ciri-ciri mahluk hidup, yaitu dapat berkembangbiak, tetapi juga memiliki ciri benda tak hidup, yaitu dapat di kristalkan. Jika dibandingkan dengan mahluk hidup, virus mempunyai ciri tersendiri.
Salah satu ciri virus mirip dengan tapi organisme parasit obligat, yaitu hanya dapat berkembangbiak dalam sel hidup. Akan tetapi, berbeda dengan organisme parasit, virus hanya memerlukan asam nukleat untuk bereproduksi dan tidak melakukan aktivitas metabolisme didalam tubuhnya. Ciri virus lainya adalah virus tidak bergerak, tidak membelah diri, tidak dapat di endapakan dengan sentrifugasi biasa, dan dapat dikristalkan.

·         Replikasi Virus
Ada dua macam cara menginfeksi virus yaitu fase litik dan fase lisogenetik. Berikut akan diuraikan kedua macam daur hidup virus terutama penginfeksi bakteri dan fage.
A.) Daur litik, virus akan menghancurkan sel hospes setelah berhasil melakukan replikasi. Adapun tahapanya sebagai berikut:
1) Fase adsorbsi
Fase adsorbsi ditandai dengan melekatnya ekor virus pada dinding sel bakteri.
2) Fase injeksi
Setelah terbentuk lubang, kapsid virus berkontraksi untuk memompa asam nukleatnya (DNA dan RNA) masuk kedalam sel.
3) Fase sintesis
Virus tidak memiliki “mesin” biosintetik sendiri. Virus akan menggunakan mesin biosintetik inang (misalnya bakteri) untuk melakukan kehidupanya.
4) Fase perakitan
Kapsid yang disintesis mula-mula terpisah-pisah antara bagian kepala, ekor, dan serabut ekor.
5) Fase litik
Ketika perakitan virus selesai, virus telah memproduksi enzim lisozim lagi, yakni enzim penghancur yang akan menghancurkan dinding sel bakteri.
B) Daur lisogenik, virus tidak menghancurkan sel bakteri.
1) Fase adsobsi
Uraian yang sama dengan fase litik
2) Fase injeksi
Uraian yang sama dengan fase litik
3) Fase penggabungan
Ketika memasuki fase injeksi, DNA virus masuk kedalam tubuh bakteri.
4) Fase pembelahan
Dalam keadaan tersebut itu, DNA virus tidak aktif, yang dikenal sebagai profag.
5) Fase sintesis
karena radiasi atau pengaruh zat kimia tertentu profag taktif.
6) Fase perakitan
Kapsid-kapsid dirakit menjadi kapsid virus yang utuh, yang berfungsi sebagai selubang virus.
7) Fase litik
Setelah terbetuk virus-virus baru terjadilah lisis sel bakteri (uraian sama dengan daur litik).


7.                  Bahan Dan Media Pembelajaran
Bahan            : Bahan Pembuatan media 3D Virus (mur, baut, kawat, karet    penghapus)
Media                    : Video mengenai Replikasi Virus

8.                  Alat
·                   LCD
·                   Speaker
·                   Laptop

9.                    Proses Belajar Mengajar
No
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
KPS
Alokasi Waktu
1.
Awal


a)     Apersepsi











b)    Motivasi

1.         Membuka pelajaran dan absensi.


2.         Guru mengarahkan siswa agar mereka bekerja sendiri dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan  kemampuannya mengenai  virus. ( Sintak CTL 1)

3.         Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan ciri- ciri virus.

4.         Guru menerangkan tujuan pembelajaran pada hari ini dan menanyakan hal yang belum jelas mengenai tujuan pembelajaran pada hari ini. (  Sintak CTL 3)
1.      Siswa memperhatikan penjelasan dari guru.

2.      Siswa memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru dan menjawab setiap arahan pertanyaan dari guru.


3.      Siswa menjawab arahan dari guru tentang ciri- ciri virus.

4.      Siswa Mendengarkan keterangan dari guru dan bertanya jika belum jelas mengenai tujuan pelajaran hari ini.



Siswa mengintegrasikan pola berfikir konseptual.


             


Siswa mendiskripsikan ciri- ciri virus





3 menit
2
Inti































1.      Guru membagi siswa menjadi  kelompok yang heterogen berdasarkan nilai awal hasil evaluasi pembelajaran sebelumnya. (Sintak CTL 4)

2.      Guru LKS kepada siswa


3.      Guru membagikan bahan perangkat media pembelajaran virus 3D untuk dirangcang oleh siswa dalam setiap kelompok. ( Sintak CTL 5)

4.      Guru membimbing mendesaign media pembelajaran yang sedang dibuat oleh siswa.

5.      Guru mengarahkan siswa untukmenjelaskan tentang media Virus 3D berdasarkan diskusi kelompok.

6.  Guru memutarkan video mengenai replikasi virus



7.  Guru membimbing siswa untuk menjelaskan tahapan proses replikasi virus.

8. Guru melakukan konfirmasi dan membimbing siswa untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan ( Sintak CTL 6)

9. Guru melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar masing-masing siswa. ( Sintak CTL 7)
1.    Siswa menempatkan diri sesuai kelompok masing- masing.






2.    Siswa menerima LKS dari guru.

3.   Siswa mendesaing media pembelajaran virus 3D bersama- sama dengan kerja kelompok.


4.    Siswa mendapatkan arahan dari guru dalam mendesaign dan menyusun Media Virus 3D.


5.   Siswa menjelaskan media Virus 3D  di tengah- tengah kelompok.




6.    Siswa Mengamati video mengenai proses replikasi virus.

7.    Siswa menjelaskan mengenai tahapan replikasi virus.


8.    Siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.





9.    Siswa mengerjakan test akhir pembelajaran.














Siswa terampil dalam mendesaig media 3D virus











Siswa mendiskripsikan sruktur virus




                                                                                 



Siswa mendiskripsikan tahapan replikasi virus

Siswa menganalisis materi pembelajaran yang telah dilakukan.






15 Menit
3.
Akhir
1.      Guru memberikan tugas mandiri untuk pertemuan selanjutnya.

2.      Menutup pertemuan hari ini.
1.   Siswa mencatat tugas mandiri tersebut.



2.   Siswa bersiap untuk pulang







2 Menit

5.        Sumber Pembelajaran
                                           i.                      Buku Pedoman BIOLOGI SMA kelas X penerbit Erlangga (Istamar Syamsuri)
                                         ii.                      Lembar Kerja Siswa (LKS).

X. Penilaian Hasil Belajar (Evaluasi)
1.         Ranah Kognitif
§  Teknik penilaian         : Tes tertulis.
§  Bentuk Instrument     : Tes uraian.
§  Instrumen Penilaian

Jawablah Soal-Soal di Bawah Ini dengan Jelas, Singkat dan Padat!
1.       Sebutkan 5 ciri-ciri dari virus!
2.       Virus merupakan parasit sejati. apa maksudnya?
3.       Gambarkan bentuk tubuh Bakteriofag dengan rapih dan berikan keterangan gambar!
4.       Isilah titik-titik pada gambar di bawah ini dan jelaskan prosesnya!
pic 11
    

2.         Ranah Psikomotor
Aspek yang dinilai
Nama siswa
1
2
3
4
1.         Mengidentifikasikan ciri-ciri virus.


1.




2.




3.




dst.




2. Mendesain model virus tiga dimensi.

1.




2.




3.




dst.




3. Mengamati video mengenai replikasi  virus.
1.




2.




3.




dst.




Keterangan :
1        : kurang          =  50-60
2        : cukup            =  60-70
3        : baik               =  80-70
4        : Istimewa       =  100-90

3.         Ranah Afektif

·      Diskusi

No

Nama
ASPEK PENILAIAN

Total nilai

Presentasi
Sikap
keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat
Kerja sama















Penskoran :                                                                Jumlah Skor :
A. sangat baik             Skor 5                                      24 – 30  = sangat baik
B. baik                         Skor 4                                      18 – 23  = baik
C. cukup baik              Skor 3                                      12 – 17  = cukup
D. kurang baik            Skor 2                                      6  -  11  = kurang
E. tidak baik                Skor 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar